HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.226.248.180
Pengunjung : 466.428


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

Artikel :



Edraw Mind Map Media Alternatif Belajar Siswa


Senin; 25 May 2015 [Admin, SD TARAKANITA 3 JAKARTA] - Artikel Umum

                                                       Edraw Mind Map Media Alternatif Belajar Siswa

Rosalia Pratiwi Mahandani
Guru Kelas III 

            Perkembangan setiap anak mencakup perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Piaget mengenalkan teori perkembangan anak dalam Asrori (2007: 47), bahwa usia perkembangan siswa sekolah dasar termasuk dalam tahap  operasional konkret. Pada tahapan operasional konkret ini siswa sedang menjalani masa dimana interaksi dengan lingkungannya mulai berkembang dan siswa sudah bisa mengamati, mempertimbangkan, mengevaluasi, dan menjelaskan sebuah pemikiran secara lebih objektif. Belajar merupakan salah satu proses perubahan mulai dari kognitif, afektif hingga psikomotor (Djamarah, 2011). Melalui proses belajar siswa diharapkan untuk mengembangkan kemampuannya melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Setiap anak mempunyai cara belajar yang berbeda-beda. Taksonomi Bloom telah menjelaskan bagaimana tingkatan kognitif akan berkembang nantinya. Hal ini bergantung pada lingkungan dan kemauan untuk mengolahnya. Bloom memberikan pandangan bahwa perkembangan kognitif anak dimulai dan diawali dari tahap mengingat, memahami, menganalisis, menerapkan, menilai, dan mencipta. Pada tiap tahapannya anak akan memiliki kemampuan yang semakin meningkat.

Kemampuan memahami suatu materi pembelajaran dapat diketahui ketika anak mampu menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi semakin maju, banyak alternatif lain yang bisa membantu anak dalam belajar. Pemanfaatan software Edraw Mind Map  merupakan salah satu dari sekian banyak software yang dapat menjadi alternatif melatih pemahaman anak melalui media belajar mind map.

            Apa itu mind map? Mind map bisa juaga disebut dengan peta konsep. Cara belajar dengan manggunakan peta konsep sangat membantu karena dengan bantuan konsep materi yang dipelajari menjadi sebuah alur yang mudah dipahami. Hal ini pula mempermudahkan dalam mengingat informasi yang penting.

Teknologi semakin berkembang pesat, mengikuti perkembangannya pembuatan mind map tak perlu lagi dengan cara manual gambar tangan. Banyak software komputer yang bisa digunakan untuk membuat peta konsep ini. Salah satunya adalah Edraw Mind Map, software ini memiliki kelebihan sangat mudah untuk mengoperasikannya. Software ini juga sudah terintegrasi dengan Microsoft Office. Software ini cocok digunakan sebagai pengganti media Microsoft Power Point dalam media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Untuk mendapatkan software ini pun dapat mencarinya dengan mesin pencarian internet kemudian instal dalam komputer. 

            Edraw Mind Map menyediakan beberapa fitur yang mampu digunakan dalam mendukung penggunaannya antara lain fitur berbasis vektor serta template yang menarik. Selain itu, terdapat fasilitas project timeline, diagram brainstorming, skecth map, life planner, dan SWOT analysis. Adanya fasilitas-fasilitas ini membantu dalam pembuatan mind map menjadi lebih singkat dan cepat. Penggunaannya lebih praktis dibandingkan dengan cara konvensional dengan menggambar menggunakan kertas.

Banyaknya keunggulan yang ditemukan, Edraw Mind Map juga memiliki kekurangan yaitu software ini hanya cocok sebagai media yang ditampilkan (presentasi) dalam bentuk softcopy. Apabila menginginkan dalam hardcopy perlu memperhitungkan ukuran kertas yang akan digunakan serta hasil cetak nantinya dapat terbaca dengan baik atau tidak.

            Melihat banyaknya keunggulan yang didapat dari Edraw Mind Map, sebagai pendidik dapat memperhitungkan penggunaan Edraw Mind Map sebagai variasi mengajar. Penggunaan konsep mind map dapat membantu siswa untuk mengingat dan memahami pelajaran yang dipelajari. Beragam bentuk yang dapat dipakai membantu dalam proses memami dan mengingat. Metode pengajaran dengan menggunakan mind map ini dapat diterapkan pada tingkatan minimum kelas 4 melalui bimbingan guru sampai dengan kalangan umum (orang-orang yang sudah bekerja). Selamat mencoba software praktis dan mudah ini!

 

Sumber:

http://www.google.com/imgres?imgurl=http://www.tvdsb.ca/webpages/cmacintosh/imageGallery/Science/animals%252520mind%252520map.bmp&imgrefurl=http://www.tvdsb.ca/webpages/cmacintosh/science.cfm?subpage%3D166729&h=697&w=1024&tbnid=9nXbq3nGQzUWLM:&zoom=1&docid=DJ7yBjClD2XAWM&ei=1FEAVYqNM4Lj8gWPu4CgCw&tbm=isch&ved=0CB4QMygCMAI







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :