HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.226.248.180
Pengunjung : 466.397


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

Artikel :



Guruku, Selamat Hari Jadi


Kamis; 28 November 2013 [Admin, SD TARAKANITA 3 JAKARTA] - Artikel Umum

Guruku, Selamat Hari Jadi

 

            Teman, sudahkah kamu mengucapkan Selamat Hari Guru pada gurumu di sekolah kemarin tanggal 25 November? Tepatnya 25 November 1945 PGRI berdiri (Persatuan Guru Republik Indonesia). Siapa dari teman-teman yang bercita-cita jadi guru? Menurutku guru adalah profesi yang paling hebat dari profesi lainnya. Bagaimana tidak, semua profesi dapat tercapai berkat jasa guru. Tidak ada orang yang langsung mendapat profesi yang dicita-citakan tanpa jasa dari guru. Misalnya saja dokter. Seseorang bisa menjadi dokter harus sekolah dan kuliah selama bertahun-tahun dengan bimbingan dari guru.

Tidak hanya mengajar saja, profesi guru lebih berat karena mereka juga harus mendidik murid-muridnya supaya mempunyai karakter atau berbudi pekerti yang luhur. Tentu saja sebelum mereka mendidik, pastilah mereka telah melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Atau dengan kata lain, meraka memberi contoh pada murid-muridnya.

 

            Jadi tidak bisa dibayangkan betapa mulianya profesi guru. Menurutku hal yang paling susah yang dihadapi guru adalah jika mengajar tetapi murid yang diajari bukannya memperhatikan namun malah tidak memperhatikan ataupun usil. Atau kalau sudah memberikan pelajaran dengan baik, tetapi ada saja murid yang belum paham. Rasanya gimana gitu. Lebih enak kalau sekali member pelajaran kemudian semua siswa sudah paham dan dapat melakukan tugas dengan baik, sepertinya enak sekali jadi guru. Namun kenyataannya tidak semudah membalikkan telapak tangan seperti itu. Butuh kesabaran yang luar biasa dari para guru.

 

            Apakah kalian punya guru favorit? Aku punya guru favorit. Beliau adalah Pak Bernadus Deky Mulyo Utomo, S.Pd. Beliau guru yang paling sabar yang aku kenal. Tentu saja pernah marah beberapa kali karena ulah teman yang kelewatan. Tetapi setelah marah, pasti beliau menasihati lagi teman yang berulah tadi dengan kata-kata yang bijaksana. Setiap masuk kelas, beliau juga menyisipkan cerita untuk kami. Entah masa kecilnya, atau cerita-cerita lain yang mengandung budi pekerti. Aku juga menantikan pelajarannya, karena setiap pelajaran IPS dan PKn yang beliau ajarkan sering diputarkan film atau lagu-lagu perjuangan. Selain itu ada kuis atau permainan yang membutuhkan konsentrasi kami dalam menebak.

 

            Meski Pak Deky guru favoritku, namun belum menjadi guru impianku. Hampir sih. Cuma guru impianku itu tidak memberikan PR. Kalau ulangan sih tidak masalah, asal soalnya tidak susah dan tidak terlalu sering ulangan, hehe…

Mau tahu guru impianku? Pernah melihat film kartun Totally Spies? Ada tokoh guru sekaligus manajer dari Totally Spies namanya Jerry Lewis. Jerry Lewis itu baik banget. Meskipun wajahnya tidak terlalu ganteng, tetapi suaranya sangat bijaksana. Dia juga sering melucu, dan tidak pernah marah meskipun personil Totally Spies sering berulah. Hebatnya lagi, setiap menjelaskan sesuatu, dia selalu menggunakan computer layar sentuh yang selalu ada di sampingnya di manapun dia berada. Keren kan? Tapi itu kan di kartun. Mana mungkin komputer ada di mana pun kita berada, tanpa kita membawanya.

           

            Harapanku semua guru di Indonesia mengajar dengan penuh kesabaran. Terlebih terhadap anak-anak yang bandel, yang butuh perhatian lebih. Aku juga mengharapkan semua guru menggunakan komputer untuk media belajar.  Karena dengan computer, pelajaran terasa lebih menarik, apalagi dengan cuplikan film atau suara-suara yang menarik. Sehingga semua murid dapat menangkap pelajaran yang disampaikan dengan maksimal.

 

            Selamat hari guru, Bapak+Ibu Guruku tercinta. Terima kasih atas jasa-jasamu. Semoga Tuhan membalas semua kebaikanmu.

 

                                                                                                            Ditulis oleh:

                                                                                                            Ordelia Timotius

                                                                                                            Kelas V

                                                                                                            SD Tarakanita 3







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :